Selayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di Oman

Disebutkan bahwa orang-orang Syiah di Oman hidup dalam kondisi yang sangat kondusif. Jumlah populasi Oman sekitar 4,5 juta orang dan sekitar 60 ribu dari jumlah tersebut adalah warga Syiah yang dari hari ke hari jumlah mereka semakin bertambah. Menurut laporan Shiah Online, orang-orang Syiah di Oman terdiri dari puak-puak seperti India, Khojeh, Bahrain dan Iran.

Tiga menteri Oman dari golongan Syiah dan begitu juga wali kota Maqat bermazhab Syiah. Dari sisi politik, Oman termasuk negara yang tertutup. Orang-orang Syiah di negara ini menyatakan tidak melakukan aktivitas politik. Namun hal ini berbeda di sektor budaya, karena mereka sangat aktif karena di bidang ini aktivitas mereka tidak dibatasi.

Toko buku terbaik di Oman milik orang Syiah. Dan sekitar 90 persen dari mereka bertaklid kepada Ayatullah al-Uzhma Sayyid Ali Sistani. Disebutkan juga mereka terkadang mengirimkan pesawat pribadi kepada Jawad Shahrestani, menantu dan wakil Sayyid Ali Sistani di Iran.

Sementara buku fatwa Ayatullah al-Uzhma Sayyid Ali Khamenei dapat ditemukan dengan mudah di negara ini.

Acara peringatan Asyura sering dilakukan oleh orang-orang Syiah di sana. Bahkan Qaboos bin Said, Raja Oman memberikan salah satu kudanya kepada orang-orang Syiah untuk dipakai dalam acara tersebut.

Mazhab resmi Oman adalah Ibadhiah. Mazhab ini aslinya adalah Khawarij namun telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mazhab Ibadhiah sangat toleran dengan perbedaan sudut pandang. Mazhab ini tidak dapat menerima Wahhabi/Salafy. Hal ini sangat membantu penyebaran mazhab Syiah di sana.

Orang-orang Syiah Khojeh tergolong orang-orang kaya negeri ini dan punya kedudukan yang bagus. Di masa lalu, ketika kondisi ekonomi pemerintah tidak begitu baik, orang-orang Syiah Khojeh membantu pemerintah secara finansial yang berujung pada hubungan baik antara pemerintah dengan orang-orang Syiah.

Mufti Ahli Sunnah Oman, Ahmad Khalili punya sebuah puisi yang berisikan pujian kepada Imam Khomeini ra yang menunjukkan kecintaannya.

Sejumlah santri Syiah Oman saat ini sedang menuntut ilmu di Qom, Iran. Dan di Oman sendiri adalah sekolah-sekolah agama milik orang-orang Syiah.[infosyiah]