Khamenei: AS Latih “Teroris” di Wilayah Kurdi Irak

Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei Selasa menuduh Washington telah melatih “teroris” di wilayah Kurdi yang berdekatan dengan Irak.

“Di balik perbatasan barat kita, AS sedang melatih para teroris. Mereka (AS) telah mengeluarkan uang dan membagi-bagikan senjata untuk digunakan melawan republik Islam Iran,” katanya dalam pidato di provinsi Kurdestan di Iran barat yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari AFP.

“Orang-orang Amerika itu memiliki rencana berbahaya bagi Kurdistan (Irak)…Rencana mereka tidak ditujukan untuk membela orang Kurdi, tapi mereka ingin menguasai mereka (orang Kurdi),” katanya di kota Sagaz.

“Teman-teman Kurdi kita di sisi lain perbatasan mengatakan pada kami bahwa para pejabat AS telah membayar para pemuda Kurdi di bukit Qandil sebagai pertukaran bagi informasi” (yang mereka berikan),” katanya.

Iran telah menargetkan Partai Hidup Bebas Kurdi (PJAK), kelompok separatis Kurdi Iran, yang telah melancarkan serangan terhadap Iran dari markas pasokan belakang di gunung Kurdi di Irak utara.

Kelompok itu bersekutu dekat dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah melancarkan serangan yang sama terhadap Turki. (antara)