KHULAFA’ ITSNA ASARIYYAH

Bicara tentang kepemimpinan, sesunguhnya syiah itsna asar (syiah 12 imam) adalah satu-satunya ajaran yang meyakini adanya 12 pemimpin/khalifah sepeningal Rasulullah SAAW. Para imam itu diyakini suci, sesuai dengan kehendak Allah SWT di surat al Ahzab 33, untuk mensucikan mereka (Ahlul Bait) sesuci-sucinya. Dalam kitab para pengikut syiah atsna asariyyah, permasalahan kepemimpinan 12 imam ini jelas tertera dalam kitab mereka.

Dan Alhamdulillah hampir semua Kutubussittah (enam kitab muktabar dalam Ahlussunah) meriwayatkan bahwa Rasulullah SAAW mewasiatkan akan adanya 12 pemimpin setelah beliau dan semuanya dari Quraisy. Walau tidak ada satu mahzab yang mampu menyampaikan siapa ke 12 orang itu, namun ajaran syiah mampu menyampaikan siapa mereka. Di dalam kitab Yanabiul Mawaddah yang ditulis olah al Qunduzi yang bermahzab Hanafi meriwayatkan hadist dari Rasulullah SAAW yang menyebutkan 12 pemimpin setelah beliau saaw lengkap dengan namanya, dan itu seperti yang diyakini ajaran syiah 12 imam. Berikut akan kami nukilkan hadist-hadist yang sahih yang meriwayatkan akan kebenaran adanya 12 imam.

1. Sahih Bukhari juz 9 hal 729 dengan sanad Jabir bin Samrah berkata; “Aku mendengar Nabi SAAW bersabda; “akan ada 12 orang pemimpin. Lalu beliau berkata; ” sesungguhnya Rasulullah SAAW bersabda; “semuanya dari Quraisy”.
2. Sahih Muslim juz 3 hal 1452 dengan sanad jabir bin Samrah berkata; “Aku mendengar Rasulullah SAAW bersabda; “Senantiasa agama ini akan mulia dan terjaga dengan adanya 12 orang khalifah”.
3. Sahih Turmudzi juz 4 hal 401 dengan sanad Jabir bin Samrah berkata; “telah bersabda Rasulullah SAAW; “sepeninggalku akan ada 12 orang pemimpin yang kesemuanya dari Quraisy”.
4. Sahih Abu Daud juz 4 hal 106 dengan sanad Jabir bin Samrah berkata; ” Aku mendengar Rasulullah SAAW bersabda : “Agama ini senantiasa akan mulya dengan dibangkitkannya 12 orang khalifah”. Kemudian orang-orang bertakbir dan suasanapun ramai, lalu Rasulullah SAAW berkata yang aku tidak jelas, kemudian kutanyakan pada ayahku apa sabda Rasulullah? Dia berkata; “Semuanya dari Quraisy”.
5. Musnad Ahmad bin Hmbal juz 1 hal 398 dengan sanad dari Masrug berkata; “Kita sedang duduk di tempat Abdullah bin Mas’ud, saat itu sedang membaca al Qur’an, lalu seorang lelaki datang dan berkata padanya; ” Wahai ayah Abdurrahman! Apakah kau pernah bertanya pada Rasulullah SAAW berapa khalifah umat ini? Lalu Abdullah bin Mas’ud berkata; “tidak seorangpun sebelummu yang bertanya hal ini sejak aku datang ke Irak. Lalu dia berkata, “kita telah bertanya pada Rasulullah SAAW, dan beliau SAAW menjawab; “ada 12 orang sebagaimana jumlah pemimpin Bani Israil”. [imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan hadist 12 orang khalifah dari Jabir bin Samrah melalui 34 jalur/perawi].
6. Al Hakim Annaisaburi dalam al Mustadrak juz 3 hal 618, dengan sanad dari Aun bin Abi Juhaifah dari ayahnya berkata; “Saat itu aku bersama pamanku di tempat Nabi SAAW, lalu beliau bersabda; “senantiasa perkara umatku dalam kebaikan selama ada 12 orang khalifah”. Lalu beliau SAAW menyampaikan kalimat yang samar dan aku berkata pada pamanku, “apa yang disabdakan wahai pamanku? Dia menjawab; “Wahai anakku Rasulullah bersabda; “Semuanya dari Quraisy”.
7. Musad Abi Daud hal 180 dengan sanad Jabir bin samrah berkata; “Aku mendengar Rasulullah SAAW berkhotbah dan bersabda; “Ketahuilah! Sesungguhnya Islam akan tetap mulia dengan adanya 12 orang khalifah”, kemudian beliau SAAW menyampaikan kalimat yang tidak tidak kupahami. Lalu aku berkata pada ayahku apa yang disampaikan, beliau berkata; “semuanya dari suku Quraisy”.
8. Al Qunduzi dalam Yanabiul al Mawaddah bab 77 juz 3 hal 105, meriwayatkan dengan sanad dari Jabir, bersabda Rasulullah SAAW : “Aku adalah pemimpin para Nabi dan Ali as pemimpi para Washi (penerima wasiat), sesungguhnya para washiku setelahku ada12 orang, yang pertama Ali dan yang terakhir adalah Al Mahdi”.
9. Al Humwaini as syafi’I dalam Faraid Simtain dengan sanad pada Ibn Abbas berkata; “bersabda Rasulullah SAAW; “Sesungguhnya para khalifahku dan para washiku dan para hujjah Allah atas mahluknya setelahku ada 12 orang, yang pertama saudaraku dan yang terakhir adalah anakku”. Ada yang bertanya; Ya Rasulullah! Siapa saudaramu? Rasulullah SAAW bersabda; “Ali bin Abi Thalib.” Lalu ditanya; “Siapa anakmu?” Rasulullah saaw bersabda; “Al Mahdi yang akan memenuhi bumi dengan keadilan setelah sebelumnya dupenuhi kedhaliman dan kejahatan. Demi yang mengutusku sebagai Nabi yang membawa kebenaran, andaikan tidak tersisa dari umur dunia kecuali sehari maka Allah akan tambah hari itu hingga kemunculan anakku al Mahdi, lalu Allah SWT akan bangkitkan Isa bin Maryam dan akan shalat di belakang al Mahdi, sedang cahayanya akan menerangi bumi dan kekuasaannya akan meliputi timur dan barat.”[diriwayatkan dalam al Awalim oleh Bahrani juz 15 hal 192, menukil dari Faraid Simtain oleh al Himwaini].
10. Al Qunduzi al Hanafi dalam kitab Yanabiul Mawaddah bab76 meriwayatkan Rasulullah SAAW bersabda : ”

Setelah melihat hadist-hadist di atas, cukuplah bagi kita untuk jadi bahan renungan akan adanya 12 imam yang diwasiatkan Rasulullah SAAW. Tidakkah kita punya kewajiban mengambil apa yang datang dari Rasulullah SAAW.